Graha Kencana

SOLUSI HEMAT BIAYA DAN ENERGI UNTUK HAWA PANAS DI WILAYAH TROPIS

Gedung Graha Kencana di Jakarta, Indonesia

Dengan iklim tropis yang panas dan lembap, pendinginan adalah salah satu kebutuhan dengan energi terbesar di Indonesia.
Rata-ratanya, 50% hingga 60% biaya listrik gedung komersial digunakan untuk penyejuk udara. 

Menara Graha Kencana adalah contoh yang tepat untuk perubahan menjadi gedung yang lebih ramah lingkungan.
Dengan mengganti sistem penyejuk udaranya yang sudah lama dengan sistem Pendingin Udara SET FREE dari Hitachi, menara Graha Kencana telah melakukan penghematan energi yang signifikan, dan mendapatkan bermacam efek positif lainnya.

“Sejak kami memasang sistem Pendingin Udara Hitachi, biaya listrik tahunan kami berkurang sebesar 20% hingga 30%. Ini adalah investasi yang tepat!"

Gustaf Stevanus Rotinsulu
Pemilik Gedung Graha Kencana

Kesimpulan utama
✓✓ Memaksimalkan Efisiensi Biaya — VRF telah memungkinkan penghematan biaya dengan mengurangi konsumsi energi dan frekuensi pemeliharaan. Pengendalian terpusat yang mudah dilakukan dari kantor manajer gedung menciptakan lebih banyak peluang untuk optimisasi penghematan energi.
✓✓ Performa Ramah Lingkungan — Graha Kencana sekarang lebih ramah lingkungan, menggunakan lebih sedikit energi untuk memenuhi kebutuhan pendinginan yang sama. Selain itu, gedung ini sekarang menggunakan pendingin R410A daripada R22, maka dari itu menghilangkan emisi yang dapat menipiskan ozon.
✓✓ Kenyamanan Tanpa Kompromi — Penyejuk udara sekarang sangat sunyi, membuat para penghuni gedung lebih puas dibandingkan sebelumnya. Instalasi yang progresif memastikan gangguan minimal pada para penghuni.

Isu yang perlu ditangani
Dengan rata-rata suhu 27.6°C, pendinginan diperlukan sepanjang tahun di wilayah Jakarta. Sebelumnya, gedung Graha Kencana menggunakan paket sistem berpendingin air, yang memerlukan ruangan unit penanganan udara khusus (AHU) di setiap lantai. Sistem ini bermasalah dikarenakan alasan berikut:
• Efisiensi energi yang buruk, mengakibatkan biaya operasi yang tinggi.
• Pemeliharaan terus menerus, suku cadang sulit diperoleh, dan pipa air perlu perbaikan dan pembersihan teratur.
• Bergantung pada pendingin R22 yang menipiskan ozon, dan mulai naik harga karena ini mulai tidak diproduksi sesuai dengan Protokol Montreal.
• Suara yang mengganggu, karena ruang AHU ada di setiap lantai, menyebabkan gangguan pada penghuni di sebelah ruangan tersebut.

Kebutuhan pemangku kepentingan
Pemilik Gedung — membutuhkan sistem yang dapat diandalkan dan tahan lama untuk berfungsi selama bertahun-tahun. Berganti dari unit berpendingin air ke sistem VRF membutuhkan biaya pemasangan yang tidak sedikit, namun efisiensi energi yang tinggi dari sistem VRF Hitachi akan membuat Graha Kencana menghemat biaya operasional dan pemeliharaan di masa mendatang.

Solusi kami
Gabungan dari unit luar ruangan Side-Flow dan Top-Flow dari SET FREE telah dipilih untuk performa dan efisiensi optimal.

Unit luar ruangan Top-Flow dipasang di atap gedung, menyalurkan udara sejuk ke bagian penting dari gedung ini. Unit Side-Flow dipasang di balkon lantai 2, yang terhubung dengan unit dalam ruangan di lantai dasar. Kombinasi yang fleksibel ini memanfaatkan ruang di dalam gedung untuk mengoptimisasi tata letak pipa pendinginan. Untuk integrasi yang lebih tidak terlihat dan sederhana, 46 dari 51 unit dalam ruangan dipasang dengan jenis ducted tersembunyi dengan tekanan statis tinggi hingga 180Pa.

Untuk gedung Graha Kencana, sistem SET FREE menyediakan:
• Efisiensi Energi — Dengan memodulasi kecepatan kompresor (inverter) dan aliran penyejuk udara di setiap unit luar ruangan, sistem ini bisa beradaptasi pada fluktuasi kebutuhan energi (seperti ruang pertemuan yang hanya sibuk pada waktu tertentu), meminimalisir penggunaan yang tidak diperlukan.
• Keandalan — Kompresor Scroll asli Hitachi terkenal dengan keandalannya yang unggul. Sebagai pelopor terkemuka Teknologi Scroll sejak 1983, pengalaman dan keahlian kami dalam manufaktur memastikan kualitas dan ketahanan yang bermutu tinggi.
• Pemasangan Luar Ruangan — Penggunaan unit luar ruangan di atap dan balkon menghapus kebutuhan ruang AHU di setiap lantai, mengosongkan ruang untuk digunakan. Selain itu, pemasangan sistem dilakukan secara progresif sepanjang akhir pekan, meminimalisir gangguan pada penghuni gedung saat pemasangan.
• Unit Dalam Ruangan yang Senyap — Ruang AHU yang berisik telah diganti dengan unit yang lebih tersembunyi, dengan tingkat suara serendah 42dB(A).

Terus baca

proyek lainnya